Rabu, 17 April 2013

Perawatan Kuda


Sebagai binatang peliharaan, kuda membutuhkan ketelatenan dalam perawatan. Perawatan yang telaten akan menghasilkan kuda yang sehat, bagus, rapi, atletis serta enak dilihat. Perawatan-perawatan kuda umumnya meliputi feeding, watering, grooming, serta perawatan kuku.


Grooming

Grooming idealnya dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. Keluarkan kuda dari kandang dengan halter, tempatkan pada penambat. Bersihkan kuku dengan
hoofpick. Demi keselamatan pembersihan kuku sebaiknya dilakukan dengan cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu bersikap waspada ketika berada di dekat kuda. Jangan pernah berdiri di belakang kuda, karena kuda secara natural memiliki gerakan reflek menendang ke belakang bila merasa ada sesuatu yang menakutkan dibelakangnya.

membersihkan kuku dengan hoofpick


Sikat seluruh badan kuda dengan rose-comb untuk menghilangkan kotoran basah yang menempel.  Pastikan bagian bawah perut dan kaki-kaki telah disikat.

menyikat dengan rose-comb

 Setelah selesai, sikat lagi dengan Dandy Brush untuk menghilangkan debu-debu dan kotoran kering pada badan kuda. 

menyokat dg dandy-brush

Selanjutnya sikat kepala dan muka kuda dengan sikat halus, setelah selesai bersihkan hidung dengan spons basah. Lap seluruh kepala dengan spons basah agar kuda terlihat segar. 

Terakhir sisir rambut suri dibagian leher dan ujung kepala serta ekor kuda agar kuda tampak rapi. Jika terbiasa, satu ekor kuda akan selesai dalam waktu 10-15 menit. 



Membersihkan kandang

Selagi kuda masih ditambatkan, bersihkan kandang inti. Ambil kotoran-kotoran kuda dengan sekop kecil. Perhatikan kotoran-kotoran kuda, apakah terlalu lembek, terlalu kering atau bahkan ada cacing. Dari kotoran kuda anda bisa mengetahui gambaran kesehatan kuda anda. Kotoran yang terlalu lembek menandakan kuda kurang serat (rumput). 

ambil kotoran kuda dg sekop

Setelah kotoran dibersihkan, ratakan bedding dengan galur perata. Bedding yang rata dan rapi akan membuat kuda senang, nyaman berguling-guling. Cuci tampungan air minum dan isi kembali. Pekerjaan ini hanya membutuhkan waktu 5 menit.

meratakan bedding dg galur

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar