Minggu, 21 April 2013

Feeding dan watering



Kuda mutlak memerlukan persedian air sepanjang waktu, pastikan air selalu tersedia. Cek air setiap ada kesempatan menengok kandang. 

Di alam liar, Kuda setiap hari  memakanan rumput sekitar 2,5% dari berat tubuhnya. Kuda dengan tinggi 150cm kira-kira memerlukan rumput sebanyak
10kg perhari. Ketika kuda mengalami domestifikasi dan dibutuhkan untuk keperluan manusia, energy yang dibutuhkan kadang jauh lebih banyak dari pada di kehidupan alaminya. Untuk itu dibutuhkan pakan tambahan diluar rumput sehingga kebutuhan energy tercukupi.

Pakan-pakan tambahan yang biasa digunakan diantaranya, jagung, Wheat-Bran,  Rice-Bran (dedak/bekatul) serta makanan konsentrat. 

Jagung dan Rice-Bran banyak mengandung karbohidrat, penggunaan berlebih akan menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot (penumpukan asam laktat pada manusia menyebabkan kram).

Komposisi rumput dan pakan tambahan harus disesuaikan dengan kebutuhan energy kuda. Kekurangan rumput akan menyebabkan kolik yang merupakan penyakit pembunuh pertama pada kuda. Disisi lain pemberian pakan melebihi takaran akan menyebabkan pencernaan kuda bermasalah.

Peternak kuda cenderung menggunakan konsentrat sebagai pakan tambahan karena penghitungan kebutuhan energy lebih mudah. Varian pakan untuk beragam kebutahan nutrisi kuda juga telah tersedia, baik untuk kuda pacu, indukan maupun anakan.

Selain pakan , kebutuhan mineral kuda juga harus diperhatikan terutama kalsium. Biasanya pakan kuda ditambah pikuten dan garam sebagai pasokan kebutuhan mineral.

Rumput Australia biasanya dipilih untuk ditanam sebagai pasokan rumput di musim kering. Rumput ini dipilih karena produktifitasnya. Dengan tinggi mencapai hampir 1m, tentu rumput ini jauh lebih produktif dibandingkan dengan rumput lokal.

 
Rumput Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar