Rabu, 17 April 2013

Naik kuda


Kuda telah melekat dalam sejarah peradaban manusia. Dari sang Budha sampai nabi Muhammad. Dari pasukan Shalahuddin al Ayyubi sampai  Genghis Khan. Dari Tokugawa sampai Gadjah Mada.  

Kuda secara alami merupakan binatang liar yang bebas berlari. Ketika mengalami domestifikasi, kuda membutuhkan perawatan sedemikian rupa sehingga dapat hidup mendekati nature-nya. Ribuan tahun sebelum manusia memanfaatkan kuda. Manusia merupakan predator utama kuda untuk dimakan dagingnya. Selama itu kuda berevolusi menjadi binatang pelari, binatang yang sangat mudah panik dan lari dari hampir semua hal. Untuk itu dibutuhkan keterampilan khusus dalam memelihara kuda meliputi pengetahuan tentang kehidupan kuda secara natural.  


Secara umum, olah raga berkuda terbagi dua yakni pacu serta tunggang atau yang lebih dikenal sebagai Equestrian. Equestrian lebih mengedepankan ketangkasan rider dalam menunggang. Equestrian terbagi kedalam 3 cabang yakni Show Jumping, Dressage serta Eventing.

Show Jumping merupakan perlombaan halang rintang pada satu arena. Rintangan didesain sedemikian rupa baik tinggi maupun arah lintasan (course design). Rider dituntut untuk menyelesaikan seluruh rintangan yang ada dengan waktu tercepat. Menjatuhkan rintangan ataupun kuda menolak untuk melompat akan mendapatkan pengurangan nilai. Setiap satu rintangan yang jatuh akan mendapat nilai -4 (minus 4). Apabila kuda menolak untuk melompat sebanyak 3 kali atau rider jatuh sebelum menyelesaikan seluruh rintangan maka peserta dinyatakan didiskualifikasi.

Eventing merupakan perlombaan lintas alam. Hampir sama dengan Show Jumping namun pada Eventing terdiri dari berbagai rintangan. Mulai dari batang pohon, tanaman-tanaman perdu, kolam  air, lumpur, drum, sampai mobil.

Dressage menuntut teknik tunggang secara rapi, satu langkah sekalipun sangat diperhitungkan. Secara terminology, Dressage mengacu pada teknik menunggang klasik, teknik menunggang yang digunakan bangsawan Inggris, serta teknik menunggang yang menyesuaikan dengan nature-nya kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar