Kamis, 18 Juli 2013

Manfaat Berkuda



Berkuda merupakan kegiatan olah raga outdoor yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi penunggang. Berkuda melatih hampir semua otot-otot tubuh untuk bergerak. Hal ini sangat baik untuk menjaga sistem kardivaskuler. Olah raga berkuda secara intensif bisa dilakukan mulai anak-anak usia 6 tahun.

Manfaat
Fisik Berkuda

Berkuda meningkatkan pernapasan dan sirkulasi darah karena semua latihan otot dilakukan. Menunggang kuda membutuhkan kesimbangan dan koordinasi antara bagian-bagian tubuh. Hal ini akan melatih fungsi motorik penunggang.


Langkah-langkah kuda yang berirama membuat penunggang harus menyesuaikan, otot panggul dan postural secara aktif akan bekerja. Pada kecepatan tinggi, otot lain seperti otot paha depan dan otot paha belakang akan bekerja lebih intensif.

Penyesuaian terhadap langkah kuda ditambah dengan postur meninggang kuda yang baik akan memperkuat tulang belakang, meningkatkan mobilitas sendi dan kondisi berbagai otot-otot tubuh.

Penunggang kuda yang berpengalaman akan lebih peka terhadap lingkungan, kewaspadaannya berkembang dan mampu memahami dan menangani situasi darurat dengan lebih baik.

Manfaat Mental
 Berkuda

Selain memiliki manfaat dalam kesehatan, berkuda juga berpengaruh dalam kesehatan mental bagi penunggang.

Rasa senang, terhubung dengan alam luar, menghirup udara segar akan menurunkan tingkat stress pada kehidupan modern. Penunggang dengan tingkat stress tinggi secara bertahap akan merasa lebih baik dan membuat mereka lebih bersikap positif, ceria dan potimis.

Penunggang pemula akan selalu terdorong belajar dan berusaha untuk lebih mahir. Mereka akan terus belajar hal-hal baru baik perintah-perintah menunggang, koordisai angota tubuh, keseimbangan, perawatan kuda dan lain-lain sehingga pikirannya akan terus bekerja. Hal ini sangat baik untuk menjaga memori.

Menunggang kuda , khususnya jumping, membutuhkan rasa kepercayaan yang mendalam terhadap Kuda. Hal ini akan menanamkan kepercayaan dengan orang lain.
 
Manfaat Psikologis Berkuda

Kuda adalah hewan besar. Untuk menunggang kuda dengan benar, penunggang perlu melakukan kontrol dan menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat kuda merespon perintah. Kemampuan mengontrol hewan besar akan menanamkan harga diri dan kepercayaan diri yang besar yang bermanfaat dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Hal ini akan membantu penunggang untuk menangani situasi sulit yang lebih baik karena mereka percaya setiap masa sulit bisa dijinakkan.

Belajar naik kuda
secara mahir bukanlah hal yang mudah dan memerlukan unsur kesabaran. Berurusan dengan hewan besar seperti kuda juga dianggap berisiko dan karenanya, kemampuan mengambil resiko penunggang akan terasah.

Menunggang kuda akan mengembangkan minat di dunia luar dan penghargaan dari luar. Ini sangat diperlukan untuk melarikan diri dari kesibukan pekerjaan monoton di belakang meja yang menjadi ciri masyarakat modern.

Selain itu, merawat kuda yang meliputi perawatan rutin dan makan akan mengembangkan rasa tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar