Jumat, 26 Juli 2013

Cara Naik ke Punggung Kuda



Mounting 

Mounting adalah proses penunggang (rider) naik  ke atas punggung kuda. Terdapat  beberapa teknik mounting, namun disini penulis hanya memberikan teknik yang biasa digunakan pada Equestrian.

Proses mounting dilakukan dari sisi kiri kuda dan menghadap kearah belakang kuda. Pegang  rein dengan tangan kiri lalu pegang Pommel (ujung depan sadle). Masukkan kaki kiri pada besi stirrup. Pegang Cantle (ujung belakang sadle) dengan tangan kanan. Dengan kaki kiri menginjak stirrup, anda bisa melompat ke atas punggung kuda (saddle). Apabila kuda terlalu tinggi, anda bisa mengunakan bangku kayu yang memang dibuat khusus untuk mounting.



Cara Naik Kuda



Dismounting

Dismounting merupakan proses turun dari punggung kuda. Dismounting juga terdapat beberapa teknik. Dismounting yang biasa digunakan dalam Equetrian adalah  dengan menopang berat badan dengan tangan. 

Pertama lepaskan kedua kaki dari stirrup (sanggurdi), hal ini untuk mencegah terjatuh apabila kuda terlalu tinggi. Letakkan kedua tangan pada pommel lalu condongkan badan ke depan. Topang badan dengan kedua tangan lalu ayun kaki kanan melewati punggung kuda. Gunakan berat badan untu proses turun.


Cara turun dari kuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar